Sunday 7 February 2016

Akhir dari One Piece (?) langsung dari Penulisnya Eiichiro Oda


Siapa gak kenal One Piece. Setiap chapter manga dan episode animenya selalu ditunggu-tunggu rilisannya tiap minggu oleh banyak orang di dunia. Itu tidak lepas dari kehebatan penulis cerita sekaligus illustratornya Eiichiro Oda.

Hampir dua puluh tahun cerita one piece masih berjalan. orang tidak bosan dan tetap setia mengikuti cerita one piece bahkan setiap tahunnya penggemar one piece makin bertambah banyak diseluruh dunia.

Setiap orang tidak hanya ingin cerita yang bagus melainkan mendabahkan akhir yang sangat baik juga. Malahan kalo bisa tidak akan terlupakan dan selalu akan dikenang sebagai suatu manga yang legendaris.

jadi bagaimanakah tanggapan Oda selaku penulis cerita mengenai akhir dari one piece? simak artikel berikut


One Piece SBS Question in Manga volume

Berikut adalah salah satu surat dari penggemar dan jawaban

Question: …Exactly how far ahead do you plan One Piece, and what is your story-planning technique?

Oda: I only have the ending of One Piece in my mind, and nothing else. But knowing the end point, I weave the story and make story arcs that build up to it. English Shonen Jump

Inti dari surat diatas adalah seseorang bertanya sampai kapan one piece akan berjalan dan bagaimana perencanaan jalan ceritanya. jawaban dari oda sangat mengejutkan karena dia ternyata sudah menyelesaikan cerita dari one piece. dia hanya mengembangkan cerita dan dibuat arc-arc setiap bagian cerita yang ia kembangkan.

Pada tahun 2009 terjadi suatu percakapan kecil antara Oda denga salah satu mangaka terkenal penulis Vegabond dan Slam Dunk Inoue Takehiko. berikut adalah perkataan oda kepada inoue yang sempat terekam.

The story’s end hasn’t changed once since the beginning. The problem is that I haven’t been able to really digest all the things that are happening along the way toward the end.

Oda berkata bahwa one piece memilki ending yang tidak berubah dari awal. Tapi masalahnya sulit baginya untuk menggali apa yang sudah terjadi.


Kiri: Inoue. Kanan: Eiichiro Oda

bagi gw oda udah bekerja amat baik. foreshadowing udah banyak yang keluar dan banyak mematahkan dugaan-dugaan yang kita bahkan selalu membuat gw terkejut. memang masih banyak foreshadow yang belum terungkap tapi gw yakin itu udah direncakan oda.

Masih dengan dalam percakapan mereka.

I just can’t help but draw a lot. The weekly format is set at 19 pages, but from the creator perspective I want to move the story along faster. I end up jamming as much as I can in there. There is also wanting to finish faster so I can relax.” 

The thing I want to do most in my comics is really not stories, it’s character models. I think like, “Is this style of person possible?” The time I spend doing all kinds of different designs is fun.

Bagi oda, ia ingin menyelesaikan one piece secepat yang dia bisa biar bisa santai. tapi mungkin karena kegirangan mengembangkannya oda selalu terjebak di satu cerita. bahkan menurutnya ia ingin terus bercerita di cerita itu selama yang ia bisa (ini yang namanya cerita dalam cerita :v). lebih lanjut, oda bahkan nyatanya kurang banyak bekerja dalam cerita. oda lebih fokus ke style atau cara gambarnya dia terlebih pada karakter-karakter di one piece. biar saat orang melihat suatu ilustrasi oda seperti "oh.. ini pasti gambarnya Eiichiro Oda". wajar emang mengingat endingnya udah diselesain. emang jenius dah oda!


Ok! Terus bagaiman akhir dari one piece?
selanjutnya adalah percakapan seorang penggemar dengan oda berikut dengan jawaban mengejutkan lagi dari oda!

Q: Many are looking forward to what happens next in One Piece could you give us a message for them? 

Oda: One thing that keeps me motivated to keep drawing One Piece is that I want to draw the last chapter. The last chapter is amazing! I imagine a final chapter that will make Marinefold arc look like nothing!

Q: Seriously?!

Oda: The Marinefold arc really felt like a side trip to me. I didn't expect it to be so popular. So I don't know how readers will take this one. But the thing I think is interesting will be in that last chapter. Until then I would like as many of the fans as possible to stick with me.


You know what happen next


Akan terjadi perang besar di akhir cerita!

Marineford aja udah keren banget, melihat bagaimana shirohige (whitebeard) selaku bajak laut terkuat turun langsung di marineford yang tau-tau adalah markas tertinggi dari marinir dengan kekuatan penuh angkatan laut berada di dalamnya. Luffy bahkan seperti seorang anak kecil berlarian di tengahnya.

Bagi gw tanggapan oda bahwa perang marineford cuma kayak 'side-trip' WTF!? katanya gak sangka perang marineford bisa sangat terkenal WTF again!? trus katanya lagi chapter-chapter terakhir one piece yang sekarang sudah jelas adalah perang, sangat dituggu-tunggu oda untuk direalisasikan dalam ilustrasi dan dilihat oleh one piece lover di dunia!

Tapi tunggu. marineford cuma side-tripnya oda? bagaimana kalo udah langsung ketempat tujuan sesungguhnya? sayang saat ini tidak ada yang tau kecuali oda sendiri. bagi penikmat animenya, saat ini kita nikmati saja dulu arc saat doffy dihajar dengan gear 4 luffy. Ngomong2 di chapter terbaru one piece saat artikel ini ditulis ada Rumah Gadang-nya lho!


Nih!

No comments:

Post a Comment