Monday 17 August 2015

13 Kemiripan Anime Kuroko no Basuke dan Eyeshield 21


   Pada artikel pertama yang gw tulis ini, kita akan membahas persamaan antara kedua anime yang sudah tertera pada judul postingan ini, pasti kawan-kawan udah pada tau dan nonton dua judul anime ini. Saat ini gw pengen menginformasikan persamaan yang menurut gw banyak banget di antara anime Kuroko no Basuke dan Eyeshield 21 yang gw dapat dan ingat setelah menonton kedua anime ini, beserta apa yang gw surfing di internet.


   Well.. Sadar tidak sadar ada banyak sekali persamaan antara kedua anime ini, bahkan menurut gw cukup mencolok. Gw akan membahas anime ini menjadi dua topik besar yaitu persamaan karakter dan kemiripan cerita yang dalam kedua anime ini. Tapi sebelumnya gw minta maaf kalo ada salah tulis atau kalimat yang sulit dimengerti, jujur saja gw baru kali ini bikin artikel di blog,, tp mohon maklumi dan selamat membaca ^^

PERSAMAAN KARAKTER KUROKO DAN EYESHIELD 21


1. Kuroko dan Sena

Kuroko & Sena
   Kemiripan awal keduan anime ini, sudah jelas pada karakter utama untuk masing-masing anime. Ok kita mulai dengan persamaan yang cukup mencolok dari  kedua karakter anime ini. Keduanya adalah anak kelas 1 SMA yang memiliki postur badan yang kecil, kurus, pendek, memiliki fisik yang lemah dan keduanya tidak terlihat cocok untuk memainkan olahraga manapun. Awal mula Kuroko dan Sena untuk pertama kalinya mendapatkan tempat di tim utama juga sama-sama karena kesadaran kapten dari tim mereka masing-masing akan potensi besar yang terpendam dalam diri mereka. Namun untuk kuroko, kita tidak membicarakan kaptennya saat ini si Hyuga melainkan kapten kuroko semasa di SMP Teiko. Baik Sena maupun Kuroko mengembangkan potensinya dipengaruhi oleh kedua kapten ini. Pada akhirnya, sama-sama keduanya menjadi pemain kunci dari tim mereka karena kemampuan khusus keduannya hasil dari potensi tersembunyi. Sena dengan kecepatan cahaya, Kuroko dengan missdirction dan pass ajaibnya.

2. Akashi dan Hiruma

Akashi & Hiruma
   Kemiripan selanjutnya adalah Akashi dan Hiruma. Mereka berdua adalah kapten dari kedua pemeran utama. Seperti yang dijelaskan sebelumnya masing-masing baik Sena maupun Kuroko ditemukan oleh kecerdasan kaptennya melihat situasi. Kedua orang tersebut tidak lain adalah Akashi untuk Kuroko dan Hiruma untuk Sena. Kemiripan berlanjut, pada posisi keduanya yang menjadi center atau pusat permainan masing-masing tim, baik Hiruma dan Akashi mempunyai posisi dalam tim yaitu playmaker tim yang memungkinkan mereka memerintah, mengatur tempo dan memainkan permainan sesuai kehendak mereka. Mereka bak dewa dilapangan. Akashi yang memiliki emperor eye dan skill drible dan pass yang sangat hebat serta hiruma yang memiliki berbagai macam pass mematikan dan sebagai "tower komunikasi" bagi timnya. Keduanya juga merupakan pengamat dan pengatur strategi yang sangat menakutkan ditambah ke-absolutan keduanya dalam memerintah tim. Keduanya memiliki perawakan serta awra layaknya iblis yang sangat mengitimidasi orang yang berada didepan mereka. Akashi dan Hiruma juga sudah terlihat seperti pelatih/manajer bagi kedua tim. Di Rakuzan, pelatih selalu mengikuti kata Akashi dan kasarnya selalu berkata kepada tim: "Kalau Akashi mengatakan begitu, baiklah" bahka di tim Deimon Hirumalah yang menjadi pelatih tim dan parahnya dengan kepintarannya, dia selalu memperdai kepala sekolah di sekolahnya untuk mengikuti apapun maunya. Well.. Jika menonton keduanya pasti ada saja taktik yang udah disiapin untuk tiap lawan mereka bahkan lawan sangat kuat sekalipun, apalagi kalau nonton eyeshield, serasa aman kalo si Hiruma masih saja tawa gk karuan.

3. Aomine dan Agon

Aomine & Agon
   Tidak ada kata lain dari Bad Boy untuk menggambarkan kedua karakter ini. Kebetulan Sikap dan kelakuan keduanya benar-benar sama, nakal dan liar. Menurut gw jika mungkin keduanya ditukarkan dalam anime, keduanya tetap akan mengisi tempat dan peran yang sama. Bagaimana tidak kebetulan lagi skill keduanya sangat-sangat sama yaitu, kekuatan, respon, kecepatan, dan yang paling utama adalah agility keduanya. Keduanya juga sama-sama mengklaim tidak ada yang dapat mengalahkan mereka, bukan hanya itu keduanya diberikan gelar sebagai pemain yang paling berbakat oleh orang-orang dan media. Kembali lagi pada tingkah laku, keduanya sama-sama malas untuk mengikuti latihan tim dan baik Agon maupun Aomine selalu mengatakan tidak ada gunanya untuk latihan, cuma bikin lelah. Hal ini karena mereka sangat percaya diri dengan kemampuan yang di anugerahkan pada keduannya oleh karena itu, kata mereka tanpa berlatihpun mereka tidak akan terkalahkan. Tidak hanya itu, kebetulan lagi penampilan keduannya juga terlihat seperti preman dengan tampang yang selalu mengkerutkan kening dan senyuman yang mengitimidasi dan tidak menunjukan rasa takut.

4. Kagami dan Shin

Kagami & Shin
   Selain memiliki wajah dan tatapan yang menurut gw sama (apalagi kalo warna mata dan rambut mereka sama, pasti sulit membedakan Kagami dan Shin selain kening belah duanya Kagami), keduanya juga memiliki pola pikir yang sama, tidak merasa takut akan lawan-lawannya dan memiliki tujuan yang sama yaitu tekad untuk menjadi pemain terhebat. Dapat dikatakan kalau Kagami dan Shin adalah salah satu tokoh sangat penting dalam anime masing-masing dikarena keduanya kebetulan berperan sangat besar bagi motivasi pemeran utama, Kuroko dan Sena untuk terus mengembangkan permainan mereka. Yang paling utama dari kemiripin mereka menurut gw adalah latihan keras tanpa henti demi menjadi pemain terhebat. Hal lain dapat disamakan adalah kebetulan kebodohan keduanya. Banyak episode yang menunjukan kebodohan Kagami dan Shin, oh yaa keduanya juga memiliki napsu makan yang sangat tinggi alias rakus pfft... Dalam permainan mereka juga memiliki kesamaan yang cukup kentara yaitu, keduanya pasti akan mendapatkan jalan keluar (dalam hal ini skill atau inspirasi baru. sangat jelas dipertandingan final masing2 tim yang dibela) untuk membuat jalan terang bagi tim masing-masing untuk tetap mempertahankan mental dalam permainan dan berusaha untuk memenangkan pertandingan. Sayangnya untuk Shin, timnya tetap tidak memenangi turnamen (WAJAR aja udah takdir pak,, worang lawannya Deimon! tidak lain dan tidak bukan adalah tim dari Sena haha...)

5. Kise dan Sakuraba

Kise & Sakuraba
   Hanya dilihat sepintas saja desain kedua karakter ini juga sama banget. Diluar gaya rambut, mulai dari postur fisik, warna rambut, warna mata, kulit semuanya sama. Lanjut keduanya sama-sama pernah mengalami cedera serius yang membuat keduannya tidak dapat bermain di pertandingan. Ada satu hal yang paling penting dari kemiripan keduanya yaitu mereka sama-sama memiliki  fangirl yang banyak di anime karena kebetulan mereka berdua adalah artis (kebetulan terus... :v). Namun sekarang Kise dan Sakuraba sama-sama sudah meninggalkan dunia hiburan dan lebih memilih mencintai olahraga yang digeluti masing-masing.

6. Midorima dan Akaba

Midorima & Akaba
   Mungkin dua karakter kali ini sedikit dipaksakan, tapi tidak ada salahnya membuat persamaannya karena cukup banyak yang bisa disamakan dari keduanya. Midorima dan Akaba keduanya sama-sama memiliki pride atau harga diri yang tinggi (wajar saja karena melihat kemampuan hebat mereka), meski begitu hanya untuk timnya menyadari betapa seriusnya keduanya untuk ikut turut membangun tim, keduanya rela membungkuk membuang harga diri mereka masing-masing, membuat anggota tim mereka heran atas tingkah yang tidak biasa keduannya. Keduanya juga saat pertandingan selalu membawa sesuatu yang tidak lazim, Akaba yang selalu membawa gitar dan Midorima dengan item-item ramalan keberuntungan. Keduanya juga sama-sama membangun kombinasi unik dengan salah satu rekan setimnya. Nah yang paling membuat mirip adalah di bagian mata keduannya. Dua-duanya adalah cowok yang memiliki bulu mata yang lebat di bagian bawah mata, dan yang paling mudah untuk disadari, baik Midorima dan Akaba adalah dua orang yang memakai kacamata.

PERSAMAAN CERITA KUROKO DAN EYESHIELD 21


1. Pendiri Tim Utama

   Seirin dibentuk oleh tiga orang yaitu Kiyoshi, Hyuga, dan Riko. Sementara Deimon didirikan oleh Kurita, Hiruma, dan Musashi. Uniknya salah satu dari 3 tokoh tersebut menghilang pada awal cerita kemudian muncul pada turnamen berikutnya. Kiyoshi pada Kuroko No Basuke, dan Musashi pada Eyeshield 21.

2. Tim yang Baru Berumur Dua Tahun

   Tim Basket SMA Seirin dan Tim American Football Deimon Devil Bat sama-sama dibentuk setahun sebelum cerita dimulai. Kuroko dan Sena bergabung pada tahun kedua tim mereka.

3. Latihan Khusus yang Berat Sebelum Kejuaraan

   Baik Seirin maupun Deimon melakukan latihan yang cukup berat untuk mempersiapkan tim agar dapat mengarungi kejuaraan musim dingin. Latihan ini menjadi khusus karena latihan kedua tim ini sama-sama mendapatkan latihan spesial dari dua orang yang dahulu menjadi pelatih profesional yang handal, yaitu ayahnya Riko, Kagetora untuk Seirin dan om-om pemabuk, Doburoku untuk menangani Deimon.

4. Juara Pada Turnamen Kedua

   Setelah kalah pada turnamen yang pertama, pada akhirnya baik tim Kuroko maupun Sena menjadi juara turnamen kedua pada musim dingin. Seirin juara di Winter Cup sedangkan Deimon menjadi juara Chrismast Bowl.

5. Rival Masa Kecil Berlanjut

   Kagami dan Himuro merupakan teman dekat di masa kecil, tetapi mereka akhirnya menjadi rival saat turnamen basket di SMA. Sena dan Riku juga merupakan teman di masa kecil, tetapi mereka menjadi rival saat turnamen American Football tingkat SMA. Kedua cerita rival tersebut juga bertujuan untuk membuktikan siapa yang terhebat.

6. Rival yang Bernama Sama

   Akashi Seijuro dan Shin Seijuro. Yah.. kedua tokoh ini sama-sama memiliki nama Seijuro. Namun begitu sifat dan karakter keduanya cukup berbeda. Hal yang terpentingnya adalah kedua Seijuro ini sama-sama rival utama dari karakter utama dalam anime. Kuroko vs Akashi Seijuro, Sena vs Shin Seijuro. Meskipun memiliki nama Seijuro, kedua nama Seijuro ini cukup jarang terdengar dipanggil. Karena dalam anime, keduannya kebanyakan hanya dipanggil dengan nama marganya yaitu, Akashi dan Shin.

7. Reuni Pelatih

   Saat pertandingan terakhir di masing-masing anime, mempertunjukan banyak reuni yang terjadi. Diantaranya reuni antara rekan setim yang pernah bermain bersama dahulu kemudian dipertemukan kembali sebagai pelatih yang mengasuh tim-tim yang menjadi rival besar. Kagetora dan Shirogane adalah orang yang memberikan latihan masing-masing pada Seirin dan Rakuzan. Keduanya adalah rekan setim dahulu waktu di timnas Jepang... Sedangkan Doburoku dan Shoji pernah bermain sama-sama waktu di kampus, menjadi pemain andalan dan sekarang sudah menangani tim besar masing-masing Deimon dan Ojo.

   OK sekian saja yang dapat gw berikan dari kemiripan kedua anime ini. Dari segala aspek cukup banyak-kan kemiripan diantara Kuroko no Basuke dan Eyeshield 21. Mungkin masih banyak lagi kemiripan yang kita bisa dapat di antara kedua anime ini... well...

Bagaimana tanggapan kawan-kawan???

No comments:

Post a Comment